Thursday, 30 March 2017 16:38

Review Xbox One S Wireless Controller

Sampai saat ini, Microsoft telah merilis tiga versi dari stik Xbox One (tipe Elite termasuk ke dalam versi kedua), dimana versi ketiga ini merupakan versi yang paling lengkap bila dilihat dari fungsinya. Versi ketiga ini diluncurkan tepat pada saat Microsoft memperkenalkan Xbox One Slim. Tidak ada perubahan signifikan bila dilihat dari segi bentuk, namun Microsoft menambahkan fitur Bluetooth sehingga stik tersebut dapat digunakan oleh berbagai macam tablet atau laptop (bahkan desktop) yang memilki koneksi Bluetooth. 

xbox one s controllerIni adalah tampilan Xbox One S controller dengan warna hitam standar.

Bila dilihat dari bentuknya, maka sekilas tidak ada perbedaan mencolok dengan versi sebelumnya. Bila ditimbang, maka beratnya pun masih sama yaitu 235gram.

xbox one s controller v3 v2Perbandingan stik V2 dengan V3

Bila dibandingkan dengan stik Xbox One V2, maka stik Xbox One V3 ini memiliki perbedaan pada bagian Home Button-nya. Tombol Home pada V2 berlapis chrome dan terlihat lebih besar bila dibandingkan dengan tombol Home pada V3. Tombol Home pada V3 berwarna silver saja. Disamping itu, tidak lagi ditemukan cover khusus untuk bagian tombol Home yang glossy - pada V3, "faceplate" stik menjadi satu dengan cover tombol Home. Dengan demikian, "faceplate" V1 dan V2 tidak bisa dipasangkan pada V3.

xbox one s controllerPerbedaan pada bagian grip

Permukaan grip pada V3 bertekstur dan lebih luas bila dibandingkan dengan grip V2. Hal ini menyebabkan stik V3 lebih nyaman untuk digenggam.

xbox one s controllerBagian port USB

Pada bagian port USB, tidak terlihat perbedaan yang sangat jauh - cover tombol Sync pada V3 hanya lebih tipis dan lebih panjang bila dibandingkan dengan V2.

xbox one s controllerMainboard stik Xbox One V3

Pada bagian mainboard, terlihat antena Bluetooth dengan konektor coaxial mini.Untuk bagian lainnya, masih sama dengan versi sebelumnya.

xbox one s controllerTombol bumper (RB LB) pada stik Xbox One V3

Microsoft telah mendesain ulang tombol bumper (RB / LB) karena terlalu banyak kerusakan tombol plastik RB/LB pada stik V1 dan V2. Sampai saat ini, belum ditemukan sparepart untuk plastik bumper ini di online marketplace manapun. Mudah-mudahan tombol RB/LB dengan desain baru ini jauh lebih awet dari versi sebelumnya.

xbox one s controllerCover tombol Sync pada V3

Dengan berubahnya tombol bumper, maka Microsoft juga merubah cover tombol Sync. Namun jarang sekali ditemukan kerusakan pada cover tombol Home / Sync pada V1 maupun V2.

Untuk melihat secara detil tentang stik V3, silahkan tonton video Youtube di bawah ini

More in this category: « Beberapa Fakta dan Review Xbox One