Saturday, 29 October 2016 11:08

Review Xbox One Elite Wireless Controller

Artikel kali ini akan membahas sedikit tentang Xbox One Elite Wireless Controller. Stik ini digadang menjadi salah satu produk masterpiece dari Microsoft. Yang membuat perbedaan dengan stik standar adalah stik Elite ini dapat dikustomisasi dengan bebasnya, misalnya dapat merubah sensitifitas tombol-tombolnya dan lain-lain. Yang tidak kalah menarik adalah harganya. Untuk saat ini, harga pasaran stik ini adalah sekitar 2 juta rupiah. Dengan harga yang setinggi itu, tidak semua gamer "mampu" membelinya. 

Apa yang menyebabkan stik ini sedemikain mahalnya? apakah layak dijual dengan harga setinggi itu? Simak artikelnya.

Xbox One Elite ControllerIni adalah kelengkapan Xbox One Elite Controller. Terlihat beberapa tombol yang dapat di lepas pasang

Kemewahan pertama terlihat dari kemasan yang digunakan. Selain dus standar, di dalamnya terdapat casing khusus beserta dudukan untuk tombol-tombolnya. Dan karena konsepnya kustomisasi, stik Elite ini dilengkapi dengan berbagai macam tombol yang dapat dilepas pasang, diantaranya adalah tombol D-Pad, Analog dan Paddles (yang berada di bawah stik).

Xbox One EliteIni adalah tampilan dari stik Elite. Dari foto tidak terlihat adanya perbedaan yang mencolok bila dibandingkan dengan stik standar.

Permukaan stik elite ini dilapisi dengan semacam bahan "karet" sehingga sangat nyaman untuk digenggam dan tidak diperlukan lagi semacam silicone untuk menutupinya. Disamping itu, begitu memegangnya terasa stik ini lebih berat daripada stik standar. Dan setelah ditimbang, ternyata stik elite ini lebih berat 70 gram dibanding stik standar.

Perbandingan berat stik eliteTerlihat perbedaan 70 gram antara stik elite dan stik standar

Perbedaan berat ini diakibatkan oleh penggunaan bahan metal pada tombol D-Pad,analog dan paddlesnya. Dengan semakin berat, berarti semakin mantap untuk digenggam dan kesan elite otomatis terasa.

Xbox One Elit disassemblyTidak ada perbedaan signifikan antara stik elite dengan standar. Analog yang digunakan pun standar.

Namun, pada bagian dalam, tidak ada perbedaan yang mencolok antara stik elite dan stik standar. Komponen yang digunakan cukup standar. Seperti contoh, analog yang digunakan sama persis dengan analog pada umumnya dan seperti sudah diketahui secara umum, analog ini seringkali rusak. Tact switch (tombol RB/LB) yang digunakan pun tetap standar. Tombol RB/LB ini seringkali rusak.

D-PadIni adalah bagian bawah dari komponen D-Pad pada stik elite. Terlihat adanya 4 magnet neodymium yang digunakan agar tombol D-pad selalu tetap pada posisinya.

Elite D-padIni adalah komponen D-pad yang terbuat dari bahan metal.

Perbedaan yang mencolok hanya terdapat pada komponen-komponen seperti D-pad. Pada dua foto diatas terlihat penggunaan magnet neodymium pada bagian bawah komponen D-pad warna hijau dan penggunakan bahan metal untuk kedua komponen D-pad. 

Xbox One Analog CapsIni adalah komponen analog caps, terbuat dari metal juga. Terdapat magnet neodymium berbentuk bulat di bawah ring plat

Xbox One ThumbstickIni adalah thumbstick Xbox One yang dapat dilepas pasang. Terdapat 3 pasang dengan ketinggian yang berbeda-beda. Terbuat dari bahan metal

Bagian analog caps dan thumbstick terbuat juga dari metal dan tetap menggunakan magnet neodymium agar thumbstick selalu pada posisinya. Penggunaan bahan metal pada kedua komponen D-pad dan analog (dan paddles) jelas menambah berat stik elite.

Xbox One Home CoverIni adalah bagian yang paling lemah, terbuat dari bahan plastik dan desain yang salah

 

Kelemahan pada stik elite ini terlihat pada bagian tombol plastik RB/LB nya. Komponen ini seringkali rusak (patah) pada bagian RB nya. Namun karena desainnya sedemikian rupa, apabila rusak salah satu tombol, maka keseluruhan tombol plastik tersebut harus diganti. Desain tombol plastik ini sama persis dengan apa yang ditemukan pada stik standar generasi kedua - alias pada stik standar yang memiliki port audio nya.

Stik elite ini memiliki kelebihan juga pada bagian softwarenya, dimana terdapat menu khusus pada layar untuk menentukan sensitifitas tombol trigger misalnya, atau menukar-nukar fungsi tombol, atau bahkan juga menentukan intensitas cahaya yang dipancarkan oleh logo xbox pada stik ini.

Apabila ingin lebih tahu tentang stik elite ini, silahkan tonton video youtube di bawah ini

Kesimpulannya, walau stik elite memiliki beberapa kelebihan pada bagian fisik dan softwarenya, harga 2 juta dirasa terlalu tinggi apabila melihat secara fisik, karena mau bagaimanapun, stik tetap stik dan apabila sudah rusak ya tetap rusak - tidak ada perbedaaan sama sekali. Mungkin Microsoft mendapatkan keuntungan sangat besar pada stik elite ini bila dibandingkan dengan stik standar. Penggunaan casing istimewa tentu menambah mahal nilai jual stik - menambah kesan elegan dan mewah. Bila Microsoft membungkusnya dengan biasa-biasa saja, kesan elite sudah tentu tidak didapatkan. Ujung-ujungnya, ini adalah bisnis, dan ini adalah trik marketing. Dan pada akhirnya, hanya konsumen yang bisa menentukan, layak atau tidaknya stik elite ini untuk dibeli.

 

Last modified on Sunday, 12 February 2017 09:54