Thursday, 19 November 2015 06:41

Review Nvidia Shield TV

Artikel ini akan mengulas tentang Nvidia Shield TV. Nvidia Shield TV adalah varian ketiga dari seri Nvidia Shield. Nvidia Shield sebelumnya berupa Shield Portable dan Shield Tablet. Pada dasarnya, Nvidia Shield TV merupakan sebuah konsol Android TV , namun Nvidia menanamkan chip Tegra X1 sehingga konsol ini dapat memainkan game dengan sangat baik. Selain berkemampuan untuk gaming, Nvidia Shield TV juga berfungsi sebagai media player yang sangat mumpuni yang sudah mendukung resolusi sampai 4K. Nvidia Shield TV hadir dalam dua tipe, yaitu versi 16GB dan versi Pro dengan hdd internal 500GB. Artikel ini akan mengulas versi 16GB saja.

HARDWARE

Isi box Nvidia Shield TV

shield1Ini adalah box Nvidia Shield TV 16GB

shield2Ini adalah isi paket dari Shield TV 16GB, 1. Wireless Controller, 2. Shield TV, 3. Quick Start Guide, 4. Support Guide, 5. Kabel USB, 6. Kabel HDMI, 7. Konektor adaptor ke outlet listrik, 8. Adaptor

Nvidia Shield TV

Konsol Nvidia Shield berukuran 21 x 13cm dan berat 650 gram - cukup ringkas untuk sebuah konsol dan media player. Kelemahan konsol ini adalah pada bagian tombol powernya yang touch sensitive ala PS3, PS4 awal dan Xbox Slim sehingga mudah hidup sendiri walau tersentuh sedikit pun. Namun konsol ini memiliki port konektifitas yang sangat lengkap layaknya sebuah PC. Walau dilengkapi dengan sebuah fan pendingin di dalamnya, namun suara putaran kipas tidak pernah terdengar sama sekali. Bagian bawah Shield TV terbuat dari plastik dan bagian atasnya terbuat dari bahan aluminium

shield9 editedIni adalah konsol Nvidia Shield TV. 1. Tombol power (touch sensitive), 2. LED indicator

shield11 editedIni adalah bagian belakang dari Shield TV. 3. Slot Micro SD Card, 4. Port micro USB 2.0 , 5 dan 6 Port USB 3.0, 7. Port ethernet, 8. Port HDMI, 9. Port power supply

shield14LED indicator yang menunjukkan bahwa Nvidia Shield sedang menyala

shieldunlock1Untuk membongkar Shield TV, cukup dengan plastic pryer

shieldunlock2Di dalamnya terlihat ada sebuah kipas dan komponen-komponen lainnya.

 

Nvidia Wireless Controller

Bentuk wireless controller dari Nvidia Shield tidak jauh berbeda dengan desain dari wireless controller Xbox dan beratnya persis sama sekitar 310 gram. Yang sangat membedakannya adalah bagian fiturnya. Kelebihan Wireless controller Nvidia memiliki port 3.5mm untuk headset, dan memiliki microphone sehingga memungkinkan user untuk melakukan voice search dan memiliki tombol volume. Wireless controller ini memiliki built-in battery yang biasa ditemui pada controller PS3, PS4 dan Wii U. Walau memiliki baterai built-in, daya tahan baterai cukup baik. Fitur voice search dapat dilakukan dengan sangat baik, dalam artian, Nvidia Shield jarang melakukan kesalahan intepretasi dalam voice search. Pilihan bahasa voice search dapat diubah-ubah, dan tidak terbatas pada bahasa inggris saja, bahkan user dapat melakukan voice search dalam bahasa Indonesia.

shield4Ini adalah wireless controllernya. 1. D-pad, 2. Nvidia button (untuk fungsi voice search), 3. Tombol back, start dan home, 4. Tombol ABXY, 5 dan 6 Analog, 7. Tombol volume.

shield5Ini adalah bagian belakang dari Nvidia wireless controller

shield6 editedIni adalah bagian atas dari wireless controllernya. 8. Port charging USB 9. Port headset 3.5mm 10. Microphone, 11. Tombol bumper. 12. Tombol trigger

shield7Ini adalah bagian bawah dari wireless controller

shield8Ini adalah bagian sampingnya

shieldcontrollerunlockPada saat dibongkar, terdapat dua kabel flexi di dalamnya.

shieldcontrollerunlock2Terdapat dua buah PCB di dalamnya, PCB bagian kiri untuk fungsi volume dan bagian kanan adalah PCB utamanya

shieldcontrollerunlock3Analognya sama dengan analog pada Razer. 

shieldcontrollerunlock4Ini adalah bagian bawah wireless controller

shieldcontrollerunlock5Shield controller menggunakan baterai 3.6V dengan daya 2200mAh (2.2 X lebih besar dayanya bila dibandingkan dengan controller PS4)

 

COMPATIBILITY

Konsol Shield TV juga compatible dengan berbagai macam device lainnya, contohnya : controller Xbox 360 baik wireless maupun wired. Cukup sambungkan stik wired atau wireless receiver ke port USB dan controller siap digunakan untuk game-game multiplayer. Shield TV juga compatible dengan keyboard dan mouse, baik wired maupun wireless.

shieldxbox1Wired controller Xbox 360 pada Shield TV

shieldxbox2Ini adalah Xbox 360 wireless controller dan receiver pada Shield TV

shieldkeyboardDan ini adalah Shield TV dengan menggunakan keyboard dan mouse wireless

 

SOFTWARE

Shield TV menggunakan OS Android Lollipop 5.1 dan saat artikel ini ditulis, firmware Shield TV sudah mencapai versi 2.1. Seperti device-device android lainnya, Shield TV pun dapat di root. Walau fungsi root pada Shield TV tidak begitu penting, namun sangat berguna untuk menghalau berbagai macam iklan-iklan yang muncul seperti pada aplikasi Youtube, dan game-game android. Aplikasi yang bisa dikatakan ampuh untuk mengusir iklan adalah Adaway. Aplikasi maupun game dapat dipilih melalui Google Play Store dan dapat juga melakukan sideloading melalui program ES Explorer ataupun lewat USB flash drive sekalipun.

Video diatas merupakan cuplikan dari boot animation dan interface utamanya.

Video diatas adalah cuplikan dari Shield Games Hub. Semua games yang telah dioptimalisasi untuk Shield TV, dapat dilihat di hub ini.

Geforce Now adalah layanan game streaming. Artinya, game tersebut langsung di stream dari server Nvidia, tanpa perlu instalasi dulu sebelumnya. Layanan ini mewajibkan user memiliki layanan internet kecepatan tinggi. Kelemahannya adalah, game-game yang ditawarkan kebanyakan adalah game lama. Sedangkan untuk memainkan game yang agak baru, dikenakan biaya tertentu. Layanan ini tidak gratis, user ditagihkan bayaran sebesar 9,99 Euro per bulannya. Namun bagi yang ingin mencobanya, Nvidia memberikan gratis trial selama tiga bulan.

Ini adalah cuplikan video tentang game-game yang didapat dari Shield Games hub. Grafik dan framerate yang ditawarkan cukup mumpuni.

Salah satu keunggulan device Android adalah memiliki berbagai macam aplikasi emulator. Salah satunya adalah emulator untuk PSP yang bernama PPSSPP. Game-game PSP dapat dijalankan dengan sempurna walau dengan low resolution.

Ini adalah Google Play Store nya.

Salah satu aplikasi media player paling populer adalah MX Player dan Kodi. MX Player adalah aplikasi media player terpopuler untuk menyetel film-film lokal seperti MKV, MP4 dan lain sebagainya. Sedangkan Kodi adalah media player serba bisa dan memiliki banyak plugin dan addon untuk video streaming. Salah satu addon paling populer adalah Genesis.

Terakhir adalah video mengenai aplikasi Youtube. Untuk melakukan search, user tinggal melakukan voice search. Voice search dapat dilakukan dalam berbagai macam bahasa - termasuk bahasa Indonesia. Dan Shield TV jarang sekali melakukan kesalahan dalam melakukan voice search.

SPESIFIKASI DAN PERBANDINGAN

Berikut adalah spesifikasi lengkap dari Shield TV.

shieldtvspecs

 

Dan di bawah ini adalah tabel perbandingan Shield TV dengan device lain yang sejenis

shield compare

KESIMPULAN

Shield TV saat ini belum resmi masuk ke Indonesia, user dapat membelinya langsung di Amazon. Shield TV merupakan entertainment console yang serba bisa. Bisa dipakai untuk main game, dan sempurna juga dipakai sebagai media player. Karena menggunakan OS Android, maka Shield TV sangat fleksibel dan dapat dicustomized sedemikian rupa. Bagi user yang ingin memiliki konsol ringkas serba bisa, dapat dibawa-bawa maka Shield TV sangat cocok untuk dimiliki dan dijamin tidak akan menyesal.

Last modified on Wednesday, 08 February 2017 11:35