Saturday, 11 March 2017 02:15

Beberapa Keluhan Nintendo Switch Launch Edition

Nintendo Switch memang sudah dirilis ke pasar sejak tanggal 3 Maret 2017 lalu, namun setelah kurang lebih seminggu setelah perilisannya, ditemukan beberapa hal yang di komplain oleh gamer. Beberapa diantaranya disebutkan di bawah ini

 

Dead Pixel

Dead pixel artinya ada satu atau beberapa pixel pada layar LCD yang padam dan terlihat berwarna beda dengan yang lainnya. Dalam beberapa konsol yang telah dirilis ke pasaran, ditemukan dead pixel pada layar Nintendo Switch. Dead pixel merupakan suatu hal jelas sangat menggangu pemandangan walau cuma sebuah pixel saja yang mati. Namun Nintendo menyatakan bahwa hal tersebut bukan merupakan kerusakan dan dianggap sesuatu yang wajar karena Nintendo Switch menggunakan layar LCD. Sanggahan ini jelas tidak bisa diterima oleh gamer. Gamer membeli sebuah produk dengan harapan produk tersebut terlihat dan berfungsi sempurna. 

nintendo dead pixelSatu blok dead pixel ditemukan di kanan bawah layar Nintendo Switch. Sumber : Pocketgamer

 

Screen Flickering

Screen flickering bisa diartikan sebagai layar LCD yang tidak stabil tampilannya, jadi seperti lampu flourescent yang sudah hampir mau mati, dan kadang disertai dengan beberapa garis vertikal. Kasus ini banyak ditemukan dan jelas sangat-sangat menggangu tampilan.

nintendo switch screen flickeringContoh kasus screen flickering pada Nintendo Switch. Sumber : Youtube

Kasus ini biasanya terjadi akibat pemasangan chip CPU/GPU yang tidak sempurna, atau bisa juga karena chip tersebut yang cacat.

 

Left Joy-Con Disconnecting

Nintendo Switch memiliki dua buah Joy-Con, namun sering ditemukan masalah disconnecting pada Joy-Con kiri. Ini diakibatkan oleh adanya kesalahan penempatan antena pada bagian dalam Joy-Con tersebut. Kabar baiknya, masalah tersebut sudah dapat diakali.

nintendo switch left joyconIni adalah salah satu metoda untuk mengakali problem disconnecting pada Joy-Con kiri. Sumber : Youtube

 

Scratched Screen

Masalah lain yang paling sering muncul adalah layar Nintendo Switch yang sangat mudah tergores. Seperti diketahui, Nintendo Switch merupakan konsol hibrid, dimana dapat berfungsi sebagai tablet dan dapat pula disambungkan ke TV dengan perantara dock. Namun desain dock dan material yang digunakan tidak begitu baik. Ini juga diakibatkan oleh desain dock dan penggunaan material berbahan plastik pada layar Nintendo Switch. Umumnya gadget / tablet masa kini menggunakan material Gorilla Glass, sayangnya Nintendo mengenyampingkan hal tersebut, mungkin dengan pertimbangan tertentu. 

nintendo switch scratchedContoh kasus scratched screen. Sumber : thegg.net

nintendo switch scratched screenContoh kasus lain ditemukan pada mynintendonews.com

 

 

Masih banyak masalah-masalah lain yang belum disebutkan pada artikel ini, namun dengan adanya masalah-masalah Nintendo Switch pada launch edition tersebut, alangkah baiknya gamer tidak perlu terburu-buru membelinya saat ini. Nintendo mungkin saja melakukan beberapa revisi dan yang pasti akan ditemukan solusi atas masalah-masalah tersebut diatas.

Last modified on Saturday, 11 March 2017 02:16